Rabu, 26 Desember 2012

Kecelakaan 4 Member Super Junior Tahun 2007


   
   
   Pada 19 april 2007 pukul 12:20 KST, empat anggota Super junior (Eunhyuk, Shindong, Leeteuk, dan Kyuhyun) dan kedua manajer terlibat dalam kecelakaan mobil sepulang siaran KBS Super Junior Kiss The Radio. Ketika dalam perjalanan, tiba-tiba ban depan bagian kiri pecah,membuat pengemudinya yang merupakan salah satu manager, harus memutar jalan( kemungkinan banting setir) namun lepas kendali hingga akhirnya menabrak pembatas jalan dantergelincir sekitar lebih dari 30 meter. Bersamaan itu pula, mobil kemudian terbalik. Saat kejadian, Kyuhyun yang duduk dibelakang kursi pengemudi ketika kecelakaan itu terjadi mengalami luka parah. Sejauh ini dikabarkan ia menderita patah kaki, retak di bagian pinggul, kerusakan tulang iga/rusuk, dan memar pada bagian wajah. Ia segera mendapatkan operasi pada bagian tenggorokannya untuk memperbaiki pernafasannya. Para dokter membuat 1 atau 2 cm irisan di dadanya dan memasukkan pipa kedalamnya agar ia dapat bernafas dengan baikDokter mengatakan bahwa kemungkinan Kyuhyun akan berada di rumah sakit selama beberapa bulan. Sejauh ini Kyuhyun harus beristirahat penuh karena dadanya belum sembuh total. Dari kamar Emergency kini Kyuhyun sudah dipindahkan ke ruang ICU rumah sakit Seoul Kang Nam.     
 Leeteuk menderita goresan di punggungnya dan wajah, dan harus menerima beberapa jahitan. Dia melakukan operasi dan berhasil mengeluarkan pecahan kaca di punggungnya, serta menerima total 170 jahitan dikedua punggung dan wajahnya. serta diperbolehkan pulang pada 30 april 2007
      Shindong dan Eunhyuk yang tidak terluka parah hanya dengan beberapa luka, goresan dan memar. Keduanya bebas dari rawatan medis pada 23 april 2007 .
      Berita gembira mengatakan dokter yang menolong Kyuhyun ini berkata bahwa luka pada bagian paru-paru Kyuhyun kemungkinan tidak akan mengganggu aktivitas bernyanyinya nanti. Disebutkan juga kalo saat ini pihak rumah sakit hanya akan memonitor kondisinya untuk mengetahui langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan, apakah harus kembali dilakukan operasi atau tidak, atau hanya dilakukan pemulihan saja. Hingga kini Kyuhyun masih menggunakan alat bantu pernafasan, karena terkadang ia kembali kesulitan bernafas serta sering mengalami pendarahan. Namun sekarang kabarnya dia sudah lebih stabil.
     Akibat kejadian yang menimpa 4 personil Super junior ini, akhirnya pihak management memutuskan untuk meng-cancel seluruh kegiatan 4 personil ini serta sebagian kegiatan anggota personil lainnya. Beberapa jadwal yang akhirnya harus dicancel antara lain: MBC Popopo, dimana Shindong bertugas menjadi MC, penampilan Super Junior Trot di KBS2 Music Bank, Kyuhyun yang dijadwalkan akan tampil dalam sebuah film (masih belum pasti akan dicancel atau tidak), Heechul untuk sementara waktu akan absen menjadi MC dalam SBS Inkigayo, begitu pula KangIn yang entah sampai berapa lama akan absen dari kegiatannya sebagai DJ Radio Chunji. Mulai tanggal 19 April malam, siaran Super junior Kiss The Radio untuk sementara waktu digantikan oleh Ryeowook dan Sungmin. 
    Ayah Kyuhyun mengatakan bahwa keadaan anaknya sudah mulai membaik, dan ia sudah sadar namun kembali tidur dengan menggenggam tangan sang Ayah. ^_^
   Kyuhyun diperbolehkan pulang dua bulan kemudian pada tanggal 5 juli 2007.


* Cerita Kyuhyun Super junior tentang kecelakaan tahun 2007 di acara Strong Heart :


Kyuhyun: " Ini mungkin kali pertama aku menceritakan kecelakaan ini di televisi. Kecelakaan itu terjadi pada malam tepatnya 3 tahun yang lalu. Saat itu, kebetulan aku dan Shindong menjadi bintang tamu di acara Sukira, setelah menyelesaikan siaran radio tersebut, kami bergegas pulang, saat itu jalanan lapang, aku sendiri tertidur di dalam mobil, mataku terpejam saat itu sambil mendengarkan musik.
Tiba – tiba ada suara keras menghantam, dan mobil-pun berputar beberapa kali sebelum akhirnya terhempas ke sisi jalan dan aku langsung pingsan seketika.
Saat membuka mata, aku sudah tergelatak di jalanan dan aku seketika itu sadar setelah melihat mobil yang kami tumpangi terbalik bahwa telah terjadi kecelakaan. Aku berusaha untuk bangun sekuat tenaga, tapi tiba – tiba ada cahaya putih melesat di depan mataku dan semuanya terlihat bergerak seperti rol film. Flashback gambar – gambar dari saat pertama aku masuk bangku sekolah, adegan berlibur bersama keluargaku, kali pertama bernyanyi diatas panggung, dan aku merasa..ah..mungkin seperti inikah yang dirasakan sebelum ajal menjemput ?
Dan yang kutahu saat itu, Eunhyuk berlari menghampiriku dan menggenggam tanganku erat, dan aku menangis kemudian berdoa meminta agar Tuhan mau membiarkanku tetap hidup. Eunhyuk-pun ikut berdoa disampingku, kemudian semua terasa gelap, dan ketika membuka mata, aku sudah berada di ranjang rumah sakit, setelah mengalami koma selama 4 hari.
6 Tulang rusuk-ku di dada patah karena posisiku di dalam mobil berada di belakang kursi pengemudi. Dokter mengatakan pada keluargaku juga pegawai perusahaan “anak ini sudah sekarat, dia harus dioperasi melalui tenggorokan untuk membuka saluran pernapasannya, tapi persentase keberhasilan operasinya hanya 20 %”
Tapi tak kusangka ayahku akan menolak dan berkata “Anak ini seorang penyanyi, bernyanyi adalah impiannya selama ini, jika kalian mengoperasi tenggrokkannya, bukankah itu sama saja dengan kalian merebut harapannya yang terakhir ? Kalaupun ia mampu bertahan hidup, tapi apa ia mampu melanjutkan hidupnya ? Dokter yang waktu itu hendak meng-operasiku sempat marah ketika mendengar jawaban ayah, “ Apa kau sudah gila ? nyawa anakmu diujung tanduk, dan kau masih berpikir soal menyanyi ? Kita harus segera melakukan operasi apapun yang terjadi !”
Selagi ayaku dan dokter tersebut berdebat tentang jalan operasiku, dokter itu muncul. Dia dokter dari China, aku masih ingat namanya hingga kini ~ Professor Wang YongJok**. Ia menenenagkan ayahku dan memberikan jalan keluar yang lain…” Biarkan anak itu tetap bisa bernyanyi, aku akan mencari metode operasi yang lain…”
Yang aku tahu selama ini, ayahku adalah orang pertama yang menentang keinginanku menjadi seorang penyanyi. Ayahku memiliki profesi berlatar belakang pendidikan, karenanya Setiap kali aku mengutarakan cita – cita tersebut, ia selalu menentang “ Bagaimana mungkin aku yang berkecimpung di dunia pendidikan memiliki anak seorang penyanyi “ Tapi ayah yang selama ini terus bersikeras menentang impianku, ternyata dengan caranya sendiri yang tidak kuketahui, berusaha melindungi mimpi itu untukku. Saat aku diceritakan tentang hal ini, aku langsung menangis sejadi – jadinya.

Kang Hodong: Berapa lama hingga akhirnya kau bisa kembali ke atas panggung? 

Kyuhyun:Aku kembali setelah 5 bulan, saat itu, ketika aku kembali bernyanyi diatas panggung, hingga lagu usai, tak pedulu apa dia fans SJ atau fans artis lain, setiap kali aku muncul mereka terus berteriak menyemangatiku. Aku bergitu terharu dan merasa seperti terlahir kembali. Bisa kembali bernyannyi, kembali beraktifitas dengan member yang lain, bisa melihat para penggemarku, bisa berjalan, mampu menyantap makanan dan melanjutkan hidup, aku sangat mensyukuri akan semua itu.
Aku berterima kasih kepada ayah, yang terus melindungi impianku hingga saat – saat terakhir dan pada eunhyuk, yang pertama berlari menghampiriku, dan terus menggenggam tanganku erat sambil berdoa disisiku."


* Member Super Junior berbicara tentang kecelakaan Kyuhyun di tahun 2007


   Para member Super Junior mengatakan bahwa mereka sangat bersyukur bahwa Kyuhyun telah sepenuhnya pulih dari kecelakaan pada tahun 2007.
Pada siaran 12 September MBC ‘Radio Star’, 
Siwon berkomentar, “Kyuhyun sebenarnya ​​hampir meninggal akibat kecelakaan mobil. Dokter mengatakan kepada kami bahwa tidak ada harapan.
itu tidak benar-benar seperti hal yang nyata bagiku ketika aku mendengar orang-orang yang lewat, tapi ini benar-benar memukulku. “
Siwon melanjutkan “Itu seperti sebuah kelegaan ketika ia keluar dari rumah sakit, Tapi bahkan setelah dia pulang, dia tidak benar-benar sehat. Aku menangis sekali ketika aku melihatnya berubah. aku sangat senang sekarang ia telah sehat. “

    Para member Super Junior kemudian mengenang kecelakaan tersebut dan menjelaskan apa yang telah terjadi. 
Leeteuk mulai, “Setelah rekaman untuk acara radio, kami tiba di mobil untuk pulang, tapi setelah tertatih-tatih beberapa kali di Jembatan Olimpiade, van akhirnya terbalik.
aku sendiri dan orang-orang di belakang melihat apa yang terjadi. Aku memegang kursiku, tapi mobil berputar begitu cepat dan intens dan wajahku memukul jendela, dan aku pingsan saat aku menjerit. “
“Kemudian aku membuka mataku, dan manajer kami yang mengemudi menyalahkan dirinya sepenuhnya, Dia berlutut di jalan, berteriak-teriak bahwa ia akan bunuh diri. aku bertanya kepada semua orang apakah mereka baik-baik saja. Eunhyuk dan Shindong mengatakan mereka baik-baik saja, tapi Kyuhyun tak bisa ditemukan. “

Eunhyuk terus berkata, “Kyuhyun berada di sekitar 20 ~ 30 meter. Bajunya semua robek, dan ia tak sadarkan diri. Kami sangat terkejut dan kita mencoba untuk membangunkannya, tapi ia terus berbicara omong kosong. Ada orang-orang yang lewat, jadi kami meminta mereka untuk memanggil ambulans. “

Berpikir kembali tentang kecelakaan itu, 
Kyuhyun berkata, “Aku kehilangan ingatanku sejenak. Aku bangun, dan aku berbaring di jalan. Aku merasa seperti bagian bawahku hilang. aku berpikir, ‘ini adalah bagaimana aku mati,’ dan aku berdoa, meminta pengampunan. Eunhyuk berlari dan berdoa denganku dengan air mata di matanya. aku pikir aku berlutut, tetapi tidak. “
“Aku terbangun lagi, dan aku berada di rumah sakit, aku bertanya berapa lama aku berada di sana, dan mereka mengatakan kepadaku sudah empat hari. aku tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan selama 4 ~ 5 bulan. “

Eunhyuk dengan emosional kemudian menambahkan, “Ketika Kyuhyun kembali ke asrama, aku memeluknya dengan air mata. aku menyadari betapa berharganya member kami sebenarnya. “ OMG! So Sweet ^ ^

30 komentar:

  1. .. ini sudah 7 tahun lalu dan aku masih membacanya berkali-kali... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sudah 12 tahun lalu, masih terlalu sedih untuk dingat

      Hapus
  2. kejadiannya sudah lama tapi saat membaca untuk kesekian kali air mata masih saja jatuh :')

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Ne silahkn :)
      terima ksih tlah berkunjung..

      Hapus
    2. Semangat Kyuhyun emangborang y pantang nyerah dan orang baik.sehat selau kyu oppa🤗😍

      Hapus
  4. sudah berkalikeli bahkan berpuluhpuluh kali di baca tapi tiap kali baca, air mata netes terus >< huffh .. kyuuu sarangahe :* {}

    BalasHapus
  5. Sedihhh... >_<" makasih informasinya kak. Aku sebagai sparkyu juga ikut nangis. Makasihh... hiks...hiks... kyuuuu!!!

    BalasHapus
  6. Aku sdah lama tau super junior.. Tp ini pertma aku tau ceritanya... Ini membuatku menangis, terharu dan bangga..

    BalasHapus
  7. Udah lama dan udah bekali2 aq membacanya tp seperti biasa air mata ini slalu mengalir tiada henti semoga tidak akan ada kejadian seperti ini lg.

    BalasHapus
  8. Udah lama dan udah bekali2 aq membacanya tp seperti biasa air mata ini slalu mengalir tiada henti semoga tidak akan ada kejadian seperti ini lg.

    BalasHapus
  9. Udah lama dan udah bekali2 aq membacanya tp seperti biasa air mata ini slalu mengalir tiada henti semoga tidak akan ada kejadian seperti ini lg.

    BalasHapus
  10. Ahh sedih..aku baca smbil nangis..sprti di novel2 yg ku baca

    BalasHapus
  11. Baru tahu..!! Kyuhyun pernah Ngalamin kecelakaan 😢😢😢😢😢😢 netes lah air mata😭

    BalasHapus
  12. jujur aku baru tau kisahnya..
    tapi baru baca rasanya pengen ikut nangis..
    terharu juga..

    BalasHapus
  13. Ntah yang keberapa kalinya baca ini dan aku masih nangis aja

    BalasHapus
  14. Ntah yang keberapa kalinya baca ini dan aku masih nangis aja

    BalasHapus
  15. Ini sudah 10 tahun tapi sedihnya bukan main.. Kyu lg wamil, angel voice nya gw kangennnnn 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  16. percayalah ,aku nangis ketika mengingat kejadian ini dan membsca artikel ini thn 2018, aku sangat bangga ketika melihat super junior bernyanyi di atas panggung T_T

    BalasHapus
  17. Jujur ak bkn penggemar K-Pop bhkn drama Korea atau apapun yg berhubungan dg Korea ak sama sekali tak tertarik . Tapi ak ingat waktu masih smp ak lihat berita di TV dan saat itu klo gag salah berita.a tentang remaja yg rela datang ke jkt pdhl dia lg menghadapi unas demi SJ . Krna ak blm knl kpok komrnku wlt itu negatif (maaf 😃) . Ak baru tertarik dg Korea 1thn terakhir ini , awalnya cuma suka drakor2 aja dan ak follow bbrp akun drakor di IG kartu itunya exploreku muncul artikel sampai video2 K-Pop . Dan yg pertama muncul wktu itu Exo tapi ak gtw itu grup apa atau bagaimana tapi stlh ak perhatiin ak sprti knl bbrp wajah dan itu D.O n Baekhyun (karna ak udh dluan nonton drama scatlet heart Ryeo n it's Ok thats love mngkanya ingat) stlh itu full exploreku penuh kpop , stlh mendalami Exo akhirnya ak tau klo exo bernaung di SM dan tertarik lah ak sma semua grup naungan SM sampai semua acara yg ada artis naungan SM ak cari , hhhehe . Dan kbtulan bbrp hr yg lalu gag sengaja nonton happy together eps Shindong n leetuek dan dia bercerita soal kecelakaan itu ak penasaran dan cari2 beritanya , ahhh tetiba air mata ikut keluar . Wktu konser smtown yg Yesus speech dan nangis ikut merasakan bhwa memang iya , inilah SJ legend kebanggan semua orang . Makin makin dan makin kagum sma SJ

    BalasHapus
  18. Tidak bisa membayangkan Suju tanpa Kyuhyun. Cinta pertamaku di Suju dan Kpop, Oppa yg membuatku suka dengan kpop.

    BalasHapus
  19. thank infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MDy4mT

    BalasHapus
  20. Kok eunhyuk ad kan yang di mobil cuman shindong leeteuk kyuhyun dan 2 manajer
    Sama 1 member lagi lupa

    BalasHapus
  21. sekarang sudah hampir 15 tahun dan mereka tetap bersama. ❤️❤️

    BalasHapus
  22. yeah, this incident was 13 years ago and I cried so much when I read this incident. I am a baby elf and just found out about this incident. This is amazingly heartbreaking. I hope that Kyu and other members of Suju will always be healthy and protected by God💙✨

    BalasHapus
  23. Happy Birthday Super Junior 15th Anniversary Walk Together.

    BalasHapus